Teknik Belajar Visual basic 6

Belajar Visual basic 6 - Jika kita membahas  Belajar Visual Basic 6 dasar, sebenarnya tidak cukup hanya dengan satu panduan, apalagi satu contoh. Namun di sini akan dibatasi agar uraianya tidak terlalu umum ataupun khusus. Artinya, bagian ini mencoba menguraikan hal-hal ringan yang di anggap penting dan sering di perlukan. tentunya ada beberapa teknik dasar yang harus di pelajari dahulu. Berikut contoh Teknik Belajar Visual basic 6

Apakah anda sudah berkenalan dengan Vb 6?

Visual basic 6
Visual Basic 6
•    Awalan Penanaman variebel
Konsistensi sering di kaitkan dengan penulisan kode program yang standart. Ini tentu cukup beralasan karena penulisan kode yang konsisten menjadikan kode program lebih mudah dibaca dan dipahami.
‘ Jika hanya ada satu variebel string di Saturday
‘ ruang lingkup
Dim Str As String

‘ Jika terdapat lebih dari Satu

Dim strNama As String
Dim strAlamat As String
•    Hindari Tipe Variant
Tipe data Variant secara otomatis akan ditetapkan pada suatu variebel manakala anda tidak menetapkan tipe datanya secara eksplisit.
‘ Variabel intX bertipe Variant
Dim IntX, intY As Integer

‘ intA dan intB bertipe Integer

Dim intA as Integer, intB As Integer
Alasan utama untuk menghindari tipe data Variant adalah karena eksekusinya yang cenderung lebih lambat mengkonsumsi memori lebih besar.

•    Ruang Lingkup Variabel

Apabila variabel-variabel anda hanya diperlukan oleh suatu method (prosedur/fungsi), sebaiknya deklarasikan di level


Local. Teknik ini terkait erat dengan performa aplikasi, dimana variabel local akan lebih cepat di eksekusi disbanding variabel global.

•    Konkatenasi dan Multiline

Pada saat anda ingin menghubungkan string, gunakan operator konkatenasi (&). Adapun jika konkatenasi melibatkan baris baru, sebaiknya manfaatkan karakter garis bawah (Underscore)

‘ Hello Indonesia adalah satu bagian
strData = “Hello” & _
“Indonesia”
‘ strA dan strB adalah dua bagian
Dim strA As string
strB As string
•    Definisi tipe data
Anda pasti pernah menemui kode program Visual Basic (VB) yang mendefinisikan suatu tipe data menggunakan akhiran karakter tertentu, seperti $, %, dan sebagainya.  Pendekatan yang juga disebut definisi tipe data secara implicit ini umumnya dilakukan untuk mempercepat eksekusi kode, berikut ini symbol (karakter ) yang dapat digunakan sebagai akhiran nama variabel untuk merepresentasikan tipe data.


Perlu di perhatikan, bagian ini tidak bermaksud menyarankan anda untuk menggunakan pendekatan di atas, namun hanya sekedar memperlihatkan bagaimana implementasi secara implicit. Bagaimanapun juga, pendekatan definisi seperti ini seringkali membingungkan , terutama bagi yang belum memahami makna karakter terkait

•    Verifikasi tipe data

Pada saat akan melakukan operasi terhadap suatu variabel terkadang kita ingin memeriksa tipe datanya terlebih dahulu. Untuk memudahkan verifikasi ini, kita bisa menambahkan method-method yang tersedia.

Method vb
Tabel Tipe data

Pernyataan kondisional
Dalam melakukan analisis dua kasus , anda tidak bisa meringkas penulisan kode program dengan memanfaatkan  method if

Dim bStatus As Boolean
Dim intResult As integer

‘ Pendekatan if (satandart)

If  bStatus then
     intResult = 1
else
 intResult = 0
End if
Print intResult

‘ Pendekatan if

intResult = if(bStatus, 1, 0)
Print intResult
Namun perlu diperhatikan , eksekusi method If cenderung lebih lambat dibanding pernyataan kondisional If

•    Keyword Step

Disamping menyederhanakan penulisan kode program pengulangan keyword step juga mampu mempercepat eksekusi kode. Sebagai contoh , kedia program berikut akan menghasilkan keluaran sama.
Dim i as Integer
‘Mencetak bilangan ganjil 1-10
For I = 0 to 9
I = 1 + 1
Print i
Next i

‘Menggunakan pendekatan step

For I = 1 to 10 step 2
    Print i
Next i
Sobat bisa bergabung dengan group belajar visual basic 6.0 di facebook. kunjungi groupnya disini. https://www.facebook.com/groups/indonesiavisualbasic

Password : webhjgh

Teknik Belajar Visual basic 6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments